Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Qur'an

Posted by Wahyudi Yusuf Senin, 24 Desember 2012 0 komentar
Judul : Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Qur'an
Penulis : Bahirul Amali Herry
Halaman : 230
Dimensi : 14x20 cm
Harga : Rp 24.000,- Berat : 250 gram
Penerbit : Pro U Media

Bagi sahabat-sahabat yang sibuk dengan aktivitas harian yang padat, namun mempunyai keinginan yang kuat untuk menghafal Al Qur'an, buku ini bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk dijadikan panduan yang akan memudahkan sahabat sekalian dalam menghafal Al Qur'an.Dalam buku ini dilengkapi dengan jadwal-jadwal harian yang sangat membantu, terukur, dan kontinu.

Bagi sahabat-sahabat yang berkeinginan kuat untuk menghafal Al Qur'an,berikut beberapa tips dalam menghafal :

  1. Luruskan niat (ikhlas). Menghafala Al Qur'an adalah amalan yang mulia. Jangan sampai ternodai oleh niat yang tidak baik. Apresiasi, pujian dan rasa segan orang lain itu jangan dijadikan sebagai tujuan. Luruskanlah niat hanya untuk mengharap keridhaan Allah.
  2. Tekad yang Kuat. Ulama menjelaskan, hifzhul qur’an(menghafal Al Qur’an) adalah amal besar, dibutuhkan azzam dan keinginan yang kuat. Setelah ada azzam yang kuat, selanjutnya tetap istiqamah dalam setiap proses untuk menghafal
  3. Berdo'alah kepada Allah. Memohonlah kepada Allah, karena do’a orang mukmin tak kan pernah sia-sia. Mintalah agar Allah berkenan menganugerahkan nikmat hafalan Al Qur’an pada kita.
  4. Berusaha Menghindari Maksiat. Al Qur'an adalah cahaya sedangkan kemaksiatan adalah kegelapan. Adh Dhahak bin Muzahim berkata, “tidaklah seseorang mempelajari Al Qur’an lalu ia lupa akan hafalannya, melainkan karena dosa yang dilakukannya.”
  5. Meluangkan Waktu dan Memanfaatkan Waktu yang Tepat. Jika kita memang mempunyai azzam yang kuat untuk menghafal Al Qur'an dan itu menjadi prioritas, maka luangkan waktu untuk itu. Untuk suatu prioritas tidak cukup kita hanya mengandalkan waktu luang, tapi luangkan waktu untuk itu. Dalam hal waktu, setiap orang berbeda-beda, kapan dia berada dalam kondisi yang terbaik. Disaat kapan kita berada dalam kondisi terbaik itu sangat cocok jika kita manfaatkan untuk menghafal.
  6. Mengulang-ulang (Muraja'ah). Mengulang-ulang surat-surat yang telah dihafal. Rasulullah salallahu ‘alaihi wassallam bersabda: ”Sesungguhnya perumpamaan penghafal al-quran adalah seperti pemilik seekor unta yang ditambat, jika dia mengikatnya maka dia akan menguasainya, dan jika dia melepaskannya maka unta itu akan pergi.” (HR. Bukhori dan Muslim). Jagalah ayat-ayat atau surat-surat sudah dihafal agar ia tetap tertanam di dalam dada.
  7. Belajar dan lebih memahami bahasa arab. Dengan lebih memahami tata bahasa Arab yang digunakan sebagai bahasa dalam Al Qur'an maka akan mempermudah bagi kita untuk memahami maknanya. Dalam menghafal Al Qur'an kita tidak hanya menghafalal huruf-hurufnya saja. Tetapi yang sangat penting kita juga memahami kandungannya dan mengamalkannya. Termasuk yang juga mendukung akan lebih baik jika kita memahami tajwid dan tahsinnya agar kita lebih fasih dalam melafalkannya atau membacanya.
  8. Memanfaatkan bacaan yang telah di hafal. Jika pada tips nomer 6 yaitu muraja'ah akan lebih baik jika kita meluangkan waktu tersendiri. Kalau dalam tips kali ini yaitu memanfaatkan bacaan yang dihafal, misalnya kita gunakan dalam setiap kali kita shalat. Kita bisa mengatur sesuai surat-surat yang telah dihafal, kita baca dalam setiap shalat secara berkesinambungan dan berurutan terus menerus.
  9. Mengetahui arti dan memahami maknanya. Sebagaimana tujuan memahami bahasa arab yaitu agar lebih mudah memahami maknanya. Dengan memahami arti dan makna yang kita baca, maka kita akan lebih mudah mengingat dan mengulanginya kembali.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Agar Orang Sibuk Bisa Menghafal Al Qur'an
Ditulis oleh Wahyudi Yusuf
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tetap-bersyukur.blogspot.com/2012/12/agar-orang-sibuk-bisa-menghafal-al-quran.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Buku Buku Islam.